Minggu, 15 November 2009

Masa Klimakterium atau Menopause

Pengertian klimaterium

Klimakteriumadalah masa yang bermula dari akhir tahap reproduksi, berakhir pada awal seniumdan terjadi pada wanita berumur 40-65 tahun.

Pengertian menopause

Menopauseadalah kondisi fisiologis dimana terjadi berakhirnya menstruasi yang rata-rataterjadi pada umur 51 tahun.

Tanda-tanda awal dari klimaterium dan menopause

Tandaawal klimaterium

Masa ini ditandai denngan berbagai macam keluhanendokrinologis dan vegetatif. Yaitu;

Terjadi perubahan pada ovariumseperti sclerosis pembuluh darah, berkurangnya jumlah folikel dan menurunnyasintesis steroid seks. Lalu henti haid.

Dan ditandai dengan turunnyakadar estrogen dan meningkatnya pengeluaran gonadotropin.

Tanda awal menopause

Perubahan kejiwaan

Perubahanyang dialami oleh wanita dengan menjelang menopause adalah; merasa tua, mudahtersinggunga, mudah kaget sehingga jantung berdebar, takut tidak bias memenuhikebutuhan seksual suami, rasa takut bahwa suami akan menyeleweng. Keinginanseksual menurun dan sulit mencapai kepuasan (otgasme), dan juga merasa tidak berguna dan tidakmenghasilkan sesuatu, merasa memberatkan keluarga dan orang lain.

Perubahan fisik

Pada perubahan fisik seorang wanita mengalami perubahankulit. Lemak bawah kulit menghilang sehingga kulit mengendor, sehingga jatuhdan lembek. Kulit mudah terbakar sinar matahari dan menimbulkan pigmentasi danmenjadi hitam.pada kulit tumbuh bintik hitam, kelenjar kulit kurang berfungsisehingga kulit menjadi kering dan keriput.

Karena menurunnya estrogen dapat menimbulkan perubahankerja usus menjadi lambat, dan mereabsorbsi sari makanan makin berkurang. Kerjausus halus yang semakin berkurang maka akan menimbulkan gangguan buang iarbesar berupa obstipasi.

Perubahan yang terjai pada alat genetalia meliputi liangsenggama terasa kering, lapisan sel liang senggama menipis yang menyebabkanmudah terjadi (infeksi kandung kemih dan liang senggama). Daerah sensitivemakinsulit untuk dirangsang. Saat berhubungan seksual dapat menjadi nyeri.

Perubahan pada tulang terjadi oleh karena kombinasirendahnya hormon paratiroid. Tulang mengalami pengapuran, artinya kaliummenurun sehingga tulang keropos dan mudah terjadi patah tulang trutama terjadipada persendian paha.

Gangguan klimaterium dan menopause

Gangguan pada klimakterium ialah

Gangguan neurovegetatif, yang disebut juga gangguanvasomotorik dapat muncul sebagai gejolak panas (hot flushes), keringat banyak,rasa kedinginan, sakit kepala, desing dalam telinga, tekanan darah yang goyah,berdebar-debar, susah bernafas, jari-jari atrofi dan gangguan usus.

Gangguan psikis muncul dalambentuk mudah tersinggung, depresi, kelelahan, semangat berkurang, dan susahtidur. Gangguan somatic, selain gangguan haid atau amenorea, mencakup pulakolpitis atrofikans, ektropium treter, osteoporosis, atritis, aterosklerosis,sclerosis koroner, dan adipositas.

Gangguan menopause ialah jadwal menopause

Menopause premature

Terhentinya haid pada umur 40 tahun

Terdapat gejal premenopause hot flushes, kenaikangonadotropin

Menopause terlambat

Berhentinya haid setelah umur 55 tahun

Terdapat gejala menopause

Kelainan organic pada masa menopause

Denganrangsangan estrogen terus-menerus tanpa selingan progesterone memberikanpeluang terjadinya keadaan patologis organ tujuan estrogen dalam bentuk :

Perdarahan disfungsional semakin meningkat

Terjadi perubahan alat genetaliamenjadi tumor jinak; mioma uteri, polip endometrial, polip servikal

Karsinoma korpus uteri

Keganasan payudara

Manajemenkebidanan klimakterium dan menopause

Bagaimanabidan menghadapi masalah klimaterium di tengah masyarakat. Seperti dikemukakanbahwa hanya sekitar 25 % wanita mengeluh karena terjadi penurunan estrogentubuh dan memerlukan tambahan hormon sebagai substitusi. Pemberian substitusihormon tanpa diikuti pengawasan ketat adalah berbahaya, karena bidan dapatmengambil langkah :

Melakukan KIEM sehingga wanitadenngan keluhan menopause dapat memeriksakan diri ke dokter puskesmas

Bidan berkonsultasi dengandokter puskesmas atau dokter ahli

Setelah pengobatan, bidan dapatmeneruskan pengawasan

Bidan dapat merujuk penderita keRumah Sakit

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by Asuhan Keperawatan dan Asuhan Kebidanan  |  Asuhan Keperawatan by Blog Design